Pengertian HTML

  • 3 min read
  • Agu 21, 2020
pengertian-html

Berbicara tentang bahasa pemrograman untuk pengembangan sebuah website tentu akan mengantarkan Kanca IT untuk mengetahui tentang HTML. Kanca IT tentu tidak asing lagi dengan HTML bukan? Jika ingin mendapatkan informasi lengkap terkait dengan bahasa pemrograman satu ini, Yuk simak artikel mengenai pengertian html berikut.

Pengertian HTML

Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa standar dalam pemrograman yang digunakan untuk pengembangan suatu website. HTML menjadi bahasa pemrograman yang dietjemahkan oleh komputer agar dapat dipahami oleh pengguna. Penyusunan HTML dilakukan dengan simbol dan kode tertentu yang kemudian dimasukan dalam sebuah dokumen atau file. Ketika Kanca IT membuka suatu situs dengan browser, maka saat itulah akan terlihat hasil dari HTML.

Baca Juga: Pengertian VPN

Jika dilihat dari kata yang menyusunnya, dapat diketahui beberapa makna dari HTML. Hypertext dapat dikatakan sebagai suatu metode yang digunakan untuk berpindah tempat dari laman satu ke yang lainnya dengan bantuan simbol tertentu. Sedangkan untuk markup merupakan tindakan yang dilakukan di dalam tag html untuk text yang berada di dalamnya. Untuk language merupakan script atau bahasa pemrograman yang disusun dengan tag tertentu untuk diterjemahkan dalam visual atau teks yang terlihat pada website.

Sejarah HTML

HTML dikembangkan oleh seorang ahli fisika yaitu Tim Berners Lee di lembaga penelitian CERN, Swiss. Ide awal dari pengembangan bahasa pemrograman dasar ini adalah sistem hypertext berbasis internet. Hypertext merujuk pada teks dengan referensi ke teks lain yang dapat diakses langsung oleh pengguna. Versi pertama dari HTML dirilis pada tahun 1991 yang terdiri dari 18 tag HTML. Kemudian setelah itu, tag HTML terus diperbarui dengan attribute terbaru.

Saat ini berdasarkan HTML Element Reference yang dimiliki oleh Mozilla Developer Network terdapat sekitar 140 HTL tag. Walaupun sebagian besar dari tag tersebut telah usang dan tidak didukung oleh browser versi terbaru. Sebagai bahasa pemrograman dasar yang sangat populer, HTML menjadi web standar resmi. Spesifikasi HTML saat ini dipelihara oleh World Wide Web Consortiumm (W3C).

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi

Di tahun 2014 terjadi upgrade besar-besaran dengan diperkenalkannya HTML5. Dengan HTML terbaru, tentunya lebih mendukung implementasi yang mudah. Versi terbaru dari HTML dilengkapi dengan semantik baru yang dapat memberitahukan arti dari konten yang terdapat di dalamnya seperti <article>, <header>, dan <footer>.

Fungsi HTML

Sebagai bahasa pemrograman dasar dalam pengembangan website, penggunaan HTML tentu dapat didasari dengan beberapa fungsi. Berikut beberapa fungsi dari HTML untuk pengembangan website.

  1. Membuat halaman website dengan bahasa yang bisa dibaca dan dipahami oleh pengembang dengan mudah. Seluruh situs yang terdapat di internet dibuat dengan bahasa pemrograman dasar HTML.
  2. Menandai teks pada suatu laman dengan tag atau simbol tertentu untuk mengatur teks miring, tebal, atau bergaris bawah.
  3. HTML merupakan dasar website walaupun nantinya suatu website akan menggunakan fitur lain seperti java script, php, dan css. Setiap bahasa pemrograman lain dapat diaplikasikan dengan html sebagai bahasa pemrograman dasar.
  4. Menampilkan gambar, tabel, video, dan objek lainnya. Pengaturan tata letak objek dapat dilakukan dengan mudah mengunakan bahasa pemrograman dasar html.
  5. Menandai elemen dan membuat form pada Selain itu html juga membantu untuk menandai bagian-bagian yang terdapat pada website seperti header, main, footer, navigation, dan bagian lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan HTML

Agar lebih memahami tentang HTML, maka Kanca IT dapat mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan HTML. Berikut informasi selengkapnya.

Baca Juga: Apa Itu Pemrograman?

Kelebihan

  • Memiliki banyak sumber dengan komunitas yang sangat besar dan penggunaan yang sangat luas
  • Bahasa pemrograman dijalankan di semua web browser
  • Dapat dipelajari dengan mudah oleh pengembang web pemula
  • Bahasa pemrograman memiliki struktur yang rapi dan konsisten sehingga mudah untuk dipelajari
  • Bahasa pemrograman open source (gratis)
  • Mudah diintegrasikan dengan bahasa back-end seperti Node.js dan PHP
  • Maintan dilakukan langsung oleh W3C (World Wide Web Consortium)
  • Digunakan untuk pembuatan struktur konten pada website yang dapat ditambahkan dengan CSS atau bahasa pemrograman lain yang dapat dijalankan seperti Javascript.

Baca Juga: Perangkat Keras Komputer

Kekurangan

  • Penggunaan HTML murni hanya dapat diimplementasikan untuk halaman web statis. Untuk fitur yang lebih dinamis, Kanca IT dapat menggunakan Javascript atau bahasa pemrograman back-end lainnya
  • Bahasa pemrograman ini tidak mendukung user untuk menjalankan logic sehingga semua halaman yang dibuat harus dibuat secara terpisah walaupun menggunakan elemen yang sama
  • Terdapat beberapa fitur baru yang terkadang tidak dapat digunakan pada browser dengan cepat
  • Perilaku browser yang tidak dapat diprediksi membuat proses render tag baru tekendala

Nah, sekarang Kanca IT sudah tahu tentang HTML dari definisi atau pengertian, sejarah, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Sebagai bahasa pemrograman dasar, penggunaan HTML tentu tidak dapat dihindari sehingga Kanca IT perlu memahami tentang HTML.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *