Pengertian Gadget

  • 2 min read
  • Agu 13, 2020
pengertian-gadget

Kanca IT mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini, di era teknologi yang semakin modern ini berbagai macam gadet terus bermunculan. Saya yakin tidak sedikit dari Kanca IT yang beranggapan kalau gadget itu sama dengan smartphone. Nyatanya tidak, gadget bukan hanya smartphone saja. Ingin tahu kenapa? Simak pembahasannya mengenai pengertian gadget berikut.

Pengertian Gadget

Gadget adalah sebuah perangkat mekanikal atau alat elektronik yang mempunyai fungsi tersendiri dengan ukuran yang kecil atau praktis (mudah dibawa-bawa). Gadget juga bisa diartikan sebagai perangkat kecil yang bermanfaat baik dengan bentuk yang biasa maupun tidak biasa. Gadget memiliki arti yang sangat luas. Bahkan di kehidupan kita sehari-hari selalu ada gadget. Gadget memiliki berbagai macam jenis dan fungsi sesuai dengan jenisnya.

Secara umum fungsi gadget adalah untuk mempermudah atau membantu aktifitas kita dalam kehidupan sehari-hari dengan perangkat (alat) yang lebih praktis. Sebagai tambahan informasi, mungkin dari beberapa Kanca IT ada yang belum tau kalau gadget sering juga disebut “Gawai” (dalam bahasa indonesia).

Fungsi Gadget

Berikut ini adalah fungsi gadget sesuai jenisnya masing-masing :

  1. Sebagai media komunikasi. Fungsi gadget yang paling banyak Kanca IT temui adalah yang satu ini. Kenapa? Karena gadget dengan fungsi yang satu inilah yang hampir kita jumpai atau bahkan kita pergunakan setiap harinya. Gadget jenis ini memudahkan kita untuk saling terhubung satu sama lain, contohnya: Ponsel genggam (handphone), laptop, walkie talkie dan pager.
  2. Sarana informasi. Dengan sudah menyebarnya Internet fungsi gadget semakin bertambah. Dulu handphone hanya digunakan sebagai sarana komunikasi. Seiring berkembangnya teknologi, munculah smartphone. Dengan smartphone kita bisa mencari/bertukar informasi dengan terhubung ke internet.
  3. Gaya Hidup. Selain sarana media komunikasi dan sarana informasi gadget kerap dijadikan gaya hidup. Apalagi di zaman sekarang banyak gadget yang tidak hanya memfokuskan pada fungsinya saja tetapi juga pada tampilan dari gadget itu sendiri (fashionable).
  4. Media Hiburan. Siapa sih yang tidak butuh hiburan? Setiap orang pasti butuh hiburan misalnya bermain game, nonton film atau hanya sekedar mendengarkan musik.

Gadget Zaman Dahulu

Buat Kanca IT yang dari era 90-n pasti sudah mengenal macam-macam gadget di masanya. Zaman dahulu kebanyakan gadget fungsinya sangat difokuskan yang artinya hanya memiliki satu fungsi. Contoh gadget pada zaman dahulu ada pisau lipat, jam tangan, Mp3, Mp4, kamera (kamera analog), pager, walkie talkie, nintendo DS, walkman dll. Hal tersebut mungkin disebabkan karena teknologi di zaman itu belum secanggih sekarang.

Gadget Zaman Sekarang

Di zaman sekarang ini banyak bermunculan gadget-gadget dengan fungsi yang bermacam-macam dan dengan teknologi yang lebih baru tentunya. Karena fungsi-fungsinya lah gadget sangat lekat dengan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakannnya mulai dari bersosial, mengerjakan tugas-tugas sekolah bahkan sampai mengerjakan pekerjaan kantor. Semuanya bisa diselesaikan menggunakan gadget.

Gadget merupakan perangkat yang dibuat dengan fungsi yang semakin baik, praktis dan multifungsi dari tahun ke tahun. Selain mengalami perubahan dan perkembangan dari segi fungsi gadget juga mengalami perubahan dari segi tampilan atau design.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *