Pengertian CPU

pengertian cpu

CPU menjadi salah satu istilah di dunia komputer yang sering Kanca IT dengar bukan? Tentunya istilah ini pernah dijumpai saat Kanca IT belajar dibangku sekolah. Sebenarnya ap aitu CPU? Berikut informasi lengkap terkait dengan CPU.

Pengertian CPU

Central Processing Unit (CPU) merupakan perangkat keras komputer dengan tugas untuk menerima dan menyelesaikan perintah dan data yang diterima dari perangkat lunak. CPU menjadi pusat pengolahan data pada komputer sehingga sering disebut juga dengan processor. Kecepatan kinerja dari komputer dapat diukur dari kualitas CPU yang dimiliki.

Komponen CPU

Dalam suatu CPU terdapat chip yang ditanamkan di dalamnya. Chip tersebut berfungsi dalam proses kalkulasi komputer. Perkembangan teknologi saat ini membuat kualitas CPU terus meningkat. Prosesor yang tertanam di dalam CPU bahkan dapat mencapai delapan prosesor atau octo core.

Agar dapat dijalankan sebagaimana mestinya, sebuah CPU memiliki komponen-komponen di dalamnya. Berikut beberapa komponen tersebut diantaranya:

1. Unit Kontrol

Komponen ini merupakan bagian dari prosesor yang bertugas untuk mengatur jalannya program. Unit kontrol menjadi salah satu komponen yang terdapat pada semua CPU. Tugas dari Unit Kontrol adalah untuk mengambil instruksi dari memori utama serta menentukan jenis instruksi yang ada.

Pengolahan data yang dilakukan unit kontrol kemudian dibawa unit kendali ke memori utama untuk disimpan. Kemudian ketika sudah tiba saatnya, data akan disajikan melalui alat output. Unit kontrol melakukan pengaturan penuh terhadap komputer sehingga sinkronisasi dapat terjadi antar setiap komponen untuk dapat melaksanakan setiap fungsinya.

2. Register

Register adalah alat penyimpnaan yang memiliki ukuran kecil namun kecepatan aksesnya cukup tinggi. Fungsi dari register adalah untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang di proses. Memori ini memiliki sifat sementara sehingga hanya menyimpan data yang sedang diolah atau data yang akan digunakan untuk di proses selanjutnya.

3. Aritmathic Logic Unit

ALU atau aritmathic logic unit merupakan bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika yang dilakukan sesuai dengan instruksi. ALU terdiri dari dua bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika yang memiliki spesifikasi tugas sendiri. ALU memiliki tugas utama untuk melaksanakan semua perhitungan aritmatika yang disesuaikan dengan instruksi dari program. Operasi aritmatika dilakukan dengan adder (sirkuit elektronik).

Fungsi CPU

Kanca IT, fungsi utama dari CPU adalah untuk melakukan operasi logika dan aritmatika untuk data yang diambil dari memori. Data juga dapat diberikan melalui beberapa perangkat keras. Pada dasarnya, CPU mirip dengan kalkulator namun cara kerja CPU jauh lebih kompleks untuk menyelsaikan instruksi yang diberikan.

Untuk dapat melakukan pemrosesan data, instruksi diberi alamat memori yang unik saat disimpan pada RAM. CPU kemudian melakukan pemrosesan dengan mengakses data pada RAM dengan alamat data yang telah dipilih. Berikut beberapa fungsi dari CPU.

  • Memproses dan mengelola seluruh kalkulasi, perintah, dan operasi aritmatika serta logika dari data yang diambil dari memori.
  • Menjalankan program yang tersimpan dalam memori utama yang dilakukan dengan menerjemahkan setiap instruksi yang diberikan dan dieksekusi sesuai dengan alur perintah. Kontrol dari CPU dilakukan dengan menggunakan instruksi dari software komputer.
  • CPU memiliki tugas untuk mengontrol komputer agar ada sinkronisasi kerja antar komponen yang ada didalamnya.
  • CPU memiliki fungsi sebagai pusat dari sumber tenaga komputer

Cara Kerja CPU

Setelah Kanca IT mengetahui tentang komponen dan fungsi dari CPU, maka selanjutnya adalah tentang cara kerja CPU. Ketika perintah masuk ke prosesor, kemudian perintah tersebut akan ditempatkan pada penyimpnaan di MMA. Selanjutnya perintah akan diteruskan unit kontrol. Ketika perintah itu berupa data, maka akan ditampung pada working storage.

Selanjutnya perintah dieksekusi oleh register yang disalurkan oleh kontrol unit dari program storage. Ketika perintah tersebut berupa logika dan aritmatika, maka tugas akan diambil alih oleh ALU. Pemrosesan akan dilakukan sesuai dengan instruksi yang ditetapkan sebelumnya.

Ketika hasil pengolahan telah selesai, unit kontrol akan melakukan hasil pengolahan pada akumulator yang kemudian akan ditampung kembali pada working storage. Setelah pengerjaan seluruh tugas selesai, unit kontrol akan mengambil hasil pengolahan yang terdapat pada working storage dan kemudian ditampung ke output storage.  Hasil pengolahan dari output storage kemudian diampilkan pada output devices.

Perusahaan Produsen CPU

Saat ini terdapat beberapa perusahaan yang memroduksi CPU. Beberapa perusahaan tersebut diantaranya adalah Intel, AMD dan Qualcomm. Intel menjadi perusahaan produsen CPU terbesar di dunia yang hingga saat ini masih eksis untuk menghasilkan CPU berkualitas untuk berbagai perangkat komputer. AMD adalah perusahaan yang berfokus pada perangkat CPU komputer, sedangkan Qualcomm lebih berfokus pada CPU untuk mobile.

Nah kanca IT, ternyata CPU memiliki peran yang penting ya. Sekarang Kanca IT sudah tahu pengertian CPU serta komponen, fungsi dan cara kerjanya. Semakin tinggi kecepatan prosesor maka akan semakin cepat pula kinerja suatu komputer.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *