Pengertian Brainware

pengertian brainware

Pengertian Brainware – Kanca IT tentunya sudah pernah mendengar istilah brainware. Istilah ini memang erat kaitannya dengan komputer dan software. Walaupun demikian, pengguna komputer dan software belum tentu memahami apa itu brainware. Jika Kanca IT masih memiliki informasi yang minim terkiat brainware, maka berikut adalah pengertian, fungsi, jenis, serta komponen dari brainware.

Pengertian Brainware

Brainware merupakan kata yang digunakan hal yang memiliki keterkaitan dengan komputer. Manusia merancang sistem komputer agar mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Brainware memiliki beberapa tingkatan seperti system analyst, programmer, administrator serta operator.

Brainware juga terdiri dari beberapa bagian diantaranya operator komputer, trainer, teknisi, konsultan, programmer, project manager, database administrator, spesialis jaringan, dan system analitis. Secara sederhana, brainware adalah sebuah istilah yang merujuk pada orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Selain itu, brainware juga dapat diartikan sebagai manusia yang memiliki keahilan dan kemampuan untuk menggunakan komputer. Brainware terkadang juga diartikan sebagai perangkat intelektual dengan kemampuan untuk memakai dan menjelajah perangkat keras maupun perangkat lunak.

Fungsi Brainware secara Umum

Brainware tentunya memiliki peranan penting agar suatu sistem komputer dapat dijalankan. Berikut beberapa fungsi brainware secara umum:

  • Sebagai Programmer

Programmer memiliki tugas untuk membuat program yang dibutuhkan oleh perusahaan. Program yang dibuat tentunya akan mendukung sistem yang terkomputerisasi. Programmer memiliki peran penting untuk menjaga keamanan data dan kelancaran sistem yagn dijalankan pada perusahaan.

  • Sebagai Operator

Operator merupakan orang yang bekerja untuk menjalankan program dan sistem opearsi pada perangkat komputer yang terdapat pada perusahaan. Operator juga berperan aktif dalam melakukan perawatan terhadap sistem. Selain itu, operator juga dapat bertugas sebagai orang yang menyiapkan hak akses pada data perusahaan yang terdapat pada sistem.

  • Sebagai Administrator

Administrator memiliki peran dalam mengelola sistem operasi dan program komputer. Selain itu, terdapat database administrator yang memiliki peran untuk mengatur, mengelola, dan menyimpan setiap data perusahaan.

Jenis Brainware

Terdapat beberapa jenis brainware yang tentunya memiliki peran yang berbeda. Tugas dari setiap user juga akan tergantung pada hak akses yang dimiliki. Berikut beberapa jenis brainware:

  1. Programmer

Programmer merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk membuat sistem informasi pada perusahaan dengan bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, programmer juga harus memahami tentang keamnan sistem informasi yang digunakan pada perusahaan. Penanggulanan terhadap berbagai ancaman juga harus dipersiapkan.

  1. Operator

Operator komputer merupakan orang yang mengoperasikan sistem informasi. Operator juga bertugas menjalankan setiap aplikasi yang terpasang pada perangkat komputer, dan melakukan tugas lain terkait dengan penggunaan sistem.

  1. Teknisi Komputer

Tekniki komputer dapat dikatakan sebagai orang dengan kemampuan untuk merawat, mengatasi permasalahan pada komputer, memperbaiki kerusakan, dan berbagai hal lain terkait dengan gangguan pada komputer. Teknisi komputer sudah memahami tentang perangkat yang memiliki hubungan dengan komputer.

  1. Projek Manager

Projek manajer memiliki tugas untuk memimpin jalannya suatu proyek pada perusahaan terkait dengan sistem informasi. Seorang projek manajer tentunya telah memiliki kualifikasi tersendiri terutama untuk mengarahkan tim yang berada di bawahnya.

  1. Konsultan

Konsultan merupakan seorang dengan cakupan ilmu yang luas sehingga dapat memberikan nasehat terkait dengan langkah yang akan diambil dalam perusahaan khususnya terkait dengan sistem informasi yang digunakan.

Komponen-komponen Brainware

Secara umum terdapat dua komponen brainware yang memiliki tugas dan keahlian masing-masing. Berikut adalah komponen dari brainware yang perlu Kanca IT ketahui:

  • Software Engineer

Software engineer bertugas untuk mengembangkan dan merancang metode pada jaringan komputer. Tentunya, software engineer harus memiliki pengetahuan terkait dengan jaringan komputer yang akan diterapkan di suatu perusahaan.

  • Hardware Engineer

Hardware engineer adalah orang yang memiliki keahlian di bidang perangkat keras komputer. Seorang hardware engineer akan melakukan pengembangan dalam metode penyusunan hardware atau membuat perangkat dengan inovasi baru yang lebih expert dari sebelumnya.

Contoh Brainware

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait brainware maka selanjutnya Kanca IT dapat melihat beberapa contoh dari brainware sebagai berikut:

  • EDP Department

EDP atau pengolah data elektronik merupakan sebuah metode otomatis yang digunakan dalam pengolahan data komersial pada perusahaan. Aktifitas yang dilakukan biasanya akan berulang saat melakukan pengolahan terhadap informasi dengan bervolume besar.

  • Network System

Network system ditujukan pada sistem operasi yang melakukan penanganan terhadap jaringan yang terdiri dari beberapa layanan seperti DNS Service, alat pencetak, HTTP Service dan lain sebagainya. Pelayanan yang diberikan ditujukan pada para pengguna komputer.

  • Netter

Netter adalah orang atau organisasi yang menjelajah internet untuk mendapatkan informasi tertentu. Netter biasanya akan menggunakan kata kunci tertentu untuk melakukan pencarian pada web browser atau bisa juga disebut dengan surfing.

Kini Kanca IT sudah paham bukan tentang brainware. Tentunya brainware sangat berperan penting untuk keberlangsungan penggunaan sistem informasi terkomputerisasi pada suatu perusahaan.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *