Pengertian Augmented Reality

pengertian augmented reality

Kanca IT, sudahkah mendengar istilah Augmented Reality? Jika belum, maka pada pembahasan kali ini Kanca IT akan mengetahui informasi terkait dengan pengertian, tujuan dan manfaat dari Augmented Reality. Simak informasi berikut untuk mendapatkan tentang Augemnted Reality ya.

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah istilah yang memiliki kaitan dengan lingkungan dimana dunia nyata dan dunia maya dapat terhubung dengan adanya komputer. Sistem mengarah pada lingkungan secara nyata. Secara sederhana, AR dapat dikatakan sebagai teknologi yang berhubungan dengan dunia nyata.

Beberapa contoh dari AR diantaranya adalah filter yang terdapat pada Instagram. Ketika menggunakan beberapa filter, sesuatu yang berada di depan kamera dapat berubah. AR dapat dimanfaatkan untuk marketing dan dapat juga diterapkan pada bidang manufaktur.

pengertian augmented reality
Ilustrasi dari unsplash.com

Tujuan Augmented Reality (AR)

AR memiliki tujuan untuk mengambil dunia nyata dalam dasar penggabungan dari teknologi virtual dengan menambahkan data konseptual. Hal itu dapat memahami manusia sebagai pengguna. Data konseptual dapat berupa komentar, data lokasi, audio, konteks sejarah ataupun berbagai bentuk lainnya.

Augmented Reality membuat lingkungan di dunia nyata dapat menjalankan aksi dengan bentuk virtual. Informasi yang terkait dengan obyek dan lingkungan sekitar dapat ditambahkan pada sistem sehingga informasi tambahan yang dihasilkan dari AR dapat terlihat seara real time. Hal itu membuat informasi dari virtual tampak benar-benar nyata.

Pada dasarnya, AR berfungsi untuk menambah persepsi seseorang di dunia nyata dan menjadikan dunia virtual sebagai antar muka baru yang dikombinasikan dengan kenyataan. AR juga dapat menunjukan informasi yang relevan sehingga dapat digunakan pula di bidang pendidikan, pemeliharan, militer, pelatihan, permainan, dan manufaktur.

Manfaat Augmented Reality

Kanca IT, terdapat beberapa manfaat dari AR yang dapat diterapkan di berbagai bidang. Berikut penjelasan tentang manfaat dari AR.

  1. Kedokteran

Diibidang kedokteran, AR dapat membantu terutama untuk pengenalan operasi dan juga pengenalan pembuatan vaksin dari suatu virus. Dibidang ini, AR juga dapat dimanfaatkan sebagai visualisasi dalam penelitian.

  1. Desain Konsumen

Realisasi produk dapat dilakukan dengan memanfaatkan AR. Pemanfaatannya dapat dilakukan dengan brosur virtual untuk memberikan detal informasi produk secara 3D. Penggunaan konsep tersebut juga dapat membuat pelanggan memahami dengan baik produk yang ditawarkan.

  1. Engineering Design

Engineer dapat memanfaatkan AR untuk menggambarkan desain secara nyata kepada klien. Spesifikasi secara detail dapat dijelaskan melalui AR. Selain itu, di bidang Telerobotik dan Robotika, penggunaan AR sangat bermanfaat untuk operator karena kendali robot membutuhkan pencitraan secara virtual.

  1. Hiburan

Dunia hiburan nampaknya menjadi yang paling banyak menggunakan AR karena membutuhkan penunjang untuk efek-efek yang nyata. Selain itu, pada milliter training, AR juga diterapkan dalam permainan perang. Setiap prajurit yang terdapat pada dunia game seolah-olah sedang menjalankan misi secara nyata.

Alat dan Bahan Augmented Reality

Kanca IT, dalam dunia Augmented Reality, terdapat beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk penerapannya. Berikut penjelasannya.

  1. Perangkat Keras

Tentunya dalam menciptakan suatu AR, kanca IT akan memerlukan perangkat keras. Perangkat keras utama yang dibutuhkan adalah PC atau Leptop serta mouse untuk memudahkan saat membuat desain.

  1. Perangkat Lunak

Setelah mempersiapkan perangkat keras, selanjutnya terdapat perangkat lunak yang diperlukan dalam pembuatan AR. Kamu dapat menggunakan perangkat lunak berikut ini untuk menciptakan AR.

  • Ar Toolkit, merupakan software yang menjadi perpustakaan dari perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan AR. Pada aplikasi ini, keikutsertaan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata dapat dipastikan.
  • Blender, yang merupakan perangkat lunak terbuka grafik komputer 3D. Software digunakan untuk membuat film animasi dengan evek visual. Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan penyunting gambar bitmap, pembuatan tekstur, simulasi cairan dan asap, penulangan, animasi, simulasi partikel, pemahat digital, penyunting video, dan juga rendering.
  • Marker, merupakan software yang menyediakan pola untuk diciptakan dalam bentuk gambar. Kemudian, gambar akan dicetak dengan printer sehingga dikenali oleh kamera. Marker yang terdapat pada ArToolkit merupakan gambar yang telah disusun atas gambar border, pattern, dan outline.

Keuntungan Memanfaatkan Augmented Reality

Berikut adalah beberapa keuntungan atau manfaat yang diperoleh dari penggunaan Augmented Reality.

  • Mempercepat pekerjaan karena karyawan dapat berlatih secara mandiri
  • Memberikan kontrol terhadap hasil kerja
  • Memberikan akses data secara langsung
  • Meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi dengan teknologi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan
  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pemeliharaan mesin karena AR dapat membantu karyawan untuk dapa tmelakukan maintenance tanpa keterlibatan tim service
  • Mempermudah perakitan mesin dengan menampilkan instruksi secara berurutan sehingga mesin dapat tersusun dengan baik
  • Melatih karyawan pada perusahaan agar dapat bekerja dengan lebih baik

Kanca IT, sekarang sudah memiliki gambaran ya tentang Augmented Reality. Jika Kanca IT tertarik untuk membuat efek tertentu, maka Kanca IT dapat mempersiapkan hardware dan software yang dibutuhkan ya.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *