Command Line Interface: Pengenalan CLI Lanjutan

  • 2 min read
  • Nov 05, 2020

Melanjutkan pada artikel sebelumnya, yaitu mengenai pengenalan cli, pada artikel ini saya akan melanjutkan untuk mengenal lebih jauh mengenai Pengenalan CLI Lanjutan. Command pertama pada artikel sebelumnya adala “ls”, mungkin Kanca IT ada yang bertanya-tanya. Kenapa keluarannya hanya nama direktori dan file, tetapi tidak ada informasi lain tentang nama-nama itu. Misalnya tidak ada cara mudah untuk mengetahui yang mana direktori dan yang mana file

Command -Options

Setiap Command pada terminal memiliki sebuah “Options” / Opsi. Command “ls” pun demikian, mempunyai beberapa opsi. Sebuah opsi memungkinkan kita mengubah fungsi / perilaku default dari sebuah command. Misalnya, kanca IT dapat melakukan command “ls” untuk membuat keluaran yang lebih detail seperti ini :

pengenalan cli lanjutan

Gambar diatas adalah hasil yang berbeda dari yang saya lakukan sebelumnya, hanya dengan menggunakan command “ls”! Penambahan opsi “-l” adalah untuk memberi tahu bahwa kita menginginkan format keluaran yang panjang daripada keluaran yang sebelumnya. Pada keluaran dari command “ls -l”. Sebagian besar informasi yang ditampilkan pada gambar diatas adalah “File System Permissions”. Dan itu diluar cakupan pada artikel ini. Tujuannya disini adalah untuk menunjukan ke kanca IT bahwa opsi sederhana dapat mengubah sebah keluaran pada sebuah command. Seperti yang saya singgung diatas, kita hanya ingin tahu cara membedakan mana yang direktori dan mana yang file. Kanca IT bisa lihat pada bagian kiri disetiap daftar terdapat “drwx- – – – – -“. Dimana hal itu yang memberi tahu kita bahwa baris itu sebuah direktori. Pada gambar diatas, terdapat satu baris yang tidak mempunyai “d” diawal. Hal itu menunjukan bahwa “yarn.lock” merupakan sebuah file.

Halaman Manual pada Command Line

Kanca IT mungkin bertanya-tanya, Bagaimana kita bisa tau opsi-opsi yang tersedia untuk sebuah command?. Nah, untuk itulah ada yang namanya Halaman manual (Manual Page). Dengan adanya halaman manual, hal ini memungkinkan kita untuk melihat daftar opsi (merupakan singkatan) dari sebuah command.

pengenalan cli lanjutan

Diatas adalah halaman manual dari sebuah command “ls”. Kanca IT bisa melihatnya dengan menggunakan command “man ls”. Pada tampilan tesebut terdapat berbagai keterangan dan juga terdapat deskripsi. Cara untuk menavigasi halaman manual adalah menggunakan tombol panah bawah dan atas. Kanca IT juga bisa menggunakan spasi untuk menggulir ke halaman berikutnya. Berikut akan saya tampilkan beberapa macam opsi-opsi pada command “ls”.

command-man-ls
command-man-ls

Diatas hanya beberapa opsi-opsi yang hanya saya ambil sebagai sample, kanca IT masih bisa menggulirnya sampai bawah untuk melihat opsi-opsi lain pada command “ls”. Untuk keluar dari halaman manual, kanca IT hanya perlu menekan tombol “q” (Quit).

command-line

Setelah Kanca IT menekan tombol “q”, maka akan kembali ke halaman seperti diatas.

Demikian mengenai pengenalan CLI lanjutan, semoga dapat bermanfaat buat Kanca IT sekalian.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *