Laptop Bisnis Terbaik, Review ASUS ExpertBook P1440FA

  • Bagikan

Laptop Bisnis Terbaik – Demi memenangkan persaingan pasar yang begitu ketat, hampir semua produsen laptop berlomba-lomba menghadirkan produk untuk berbagai keperluan.

Misalnya saja, seri laptop gaming yang diperuntukan bagi pengguna yang gemar bermain game serta cocok untuk menjalankan aplikasi yang tergolong berat. Di sisi yang lain, laptop gaming kurang efisien untuk digunakan dalam dunia perkantoran yang cenderung lebih fokus menggunakan aplikasi office.

Tak hanya itu, bagi kalangan pebisnis, laptop dengan desain ergonomis dan fitur yang lengkap juga lebih diutamakan.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan para bisnis, ASUS menawarkan produk istimewa untuk dijadikan pilihan yang tepat, yaitu ExpertBook P1440FA sebagai laptop bisnis terbaik.

Baca Juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Mengapa memilih Laptop Bisnis ASUS ExpertBook P1440FA?

ExpertBook P1440FA adalah produk laptop bisnis terbaik dan dirancang ASUS secara khusus untuk para pelaku UMKM serta bisnis startup. Seperti namanya, ExpertBook P1440FA akan menjadi alat yang ‘expert’ dan bisa diandalkan untuk mengelola bisnis secara baik.

Penasaran dengan salah satu laptop bisnis terbaru besutan ASUS ini? Simak ulasannya!

Spesifikasi Singkat ExpertBook P1440FA

  • Layar : 14.0″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
  • Processor : Intel® Core™ i5 8265U
  • Graphic Card : Integrated Intel UHD Graphics 620
  • RAM : 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, up to 24 GB SDRAM (optional)
  • Storage : 256 GB PCIe® Gen3 x2 SSD M.2
  • Konektivitas : Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth® 4.0
  • Port : 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port, 1 x Type-A USB2.0, 3 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 1 x RJ45 LAN jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x Fingerprint reader, 1 x SD card reader, 1 x AC adapter plug
  • Baterai: 4-Cell 44Wh Battery

Laptop Bisnis Terbaik, ASUS ExpertBook P1440FA

Desain ASUS ExpertBook P1440FA

ASUS ExpertBook P1440FA hadir dengan desain yang bisa dikatakan sangat menarik dan istimewa. Body salah satu laptop bisnis terbaik milik ASUS ini tampak begitu classy dan elegan dengan warna hitam pekat khas ASUS. Tidak hanya itu, desain laptop ini terbilang simple dan juga sederhana, sangat jauh dari kesan glamour yang ditemukan pada produk ASUS Vivobook.

Selain itu, permukaan ExpertBook P1440FA tidak memakai lapisan glossy. Dengan demikian, sidik jari tidak akan mudah akan menempel di permukaan laptop yang membuatnya selalu terlihat bersih.

Permukaan laptop sendiri dibuat dengan bahan aluminum alloy yang akan membuat ExpertBook P1440FA terasa lebih kuat dan gagah saat dibawa.

Baca Juga: Cara Melihat Dan Mengetahui Password WIFI Di Laptop

Lalu, bagaimana dengan detail dimensi ExpertBook P1440FA ini?

Nah, ExpertBook P1440FA hadir dengan panjang 340mm dan lebar 250 mm. Ketebalan body laptop sekitar 23.3 mm. Memang, bisa dikatakan bahwa ExpertBook P1440FA tidak terlalu tipis. Namun, hal tersebut bisa dimaklumi karena ada banyak port yang dimiliki laptop ini.

Untuk berat, ExpertBook P1440FA memiliki total berat sekitar 1,6 kilogram. Bisa dikatakan bahwa bobot dari laptop ini masih di angka standar. Artinya, Kanca IT tidak akan merasa kesulitan untuk membawanya ke mana saja.

Hal menarik lain berkaitan dengan desain adalah adanya engsel lay-fat yang digunakan. Penggunaan engsel ini membuat layar ExpertBook P1440FA bisa dibaringkan hingga 180 derajat. Tentu, fitur ini cukup menarik dan bisa memberikan akses membaca layar yang lebih bervariasi untuk pengguna.

Keyboard dan Touchpad ASUS ExpertBook P1440FA

ExpertBook P1440FA hadir dengan keyboard yang cukup nyaman untuk kebutuhan mengetik apapun. Hal ini cukup beralasan karena tuts pada keyboard tersebut terasa ringan sehingga Kanca IT tidak perlu menekannya dengan kuat. Bagian touchpad juga begitu presisi serta nyaman.

Apa yang menarik dari keyboard ExpertBook P1440FA adalah tombol power yang tidak menyatu dengan layout keyboard. Pasalnya, ASUS meletakkan tombol power di bagian kiri atas. Pengaturan posisi tombol power yang baru ini tentu saja cukup membantu untuk menghindarkan salah pencet tombol ketika sedang mengoperasikan laptop.

Tidak hanya itu, di bagian kanan, terdapat kotak berwarna hitam. Kotak ini adalah tombol keamanan sensor sidik jari. Dengan menggunakan tombol ini, Kanca IT bisa masuk ke Windows dengan lebih cepat. Sangat menarik, bukan?

ASUS ExpertBook P1440FA pun sudah dilengkapi dengan teknologi TPM 2.0. TPM atau Trusted Platform Module yang merupakan perangkat dedicated chip yang memiliki fungsi penting untuk menyimpan informasi sandi terkunci dengan aman. Dengan adanya teknologi ini, keamanan data dan transaksi bisa dijaga dengan sangat baik.

Juga, fitur ini memiliki kemampuan untuk memblokir akses ke PC jika terdapat ancaman keamanan yang terdeteksi. Tentu saja, fitur ini bisa diandalkan untuk melindungi seluruh data bisnis yang tersimpan dalam unit laptop.

Layar ASUS ExpertBook P1440FA

Bagaimana dengan layar yang digunakan untuk produk laptop yang satu ini?

Secara umum, ExpertBook P1440FA hadir dengan layar berukuran 14-inch yang cukup lebar dan akan memudahkan operasional laptop. Tidak hanya itu, teknologi LED backlit yang disematkan di dalamnya juga akan memberikan memberikan kesan layar yang lebih jernih.

Kualitas layar ExpertBook P1440FA ditunjang dengan resolusi 1366 x 768 piksel yang dikombinasikan dengan teknologi Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC dan panel TN.

Baca Juga: Cara Download Video Di Youtube Lewat Laptop

Penggunaan panel TN pada laptop ini bukan sesuatu yang buruk. Hal ini dikarenakan ASUS ingin melakukan efisiensi dan juga menunjang kebutuhan para pelaku UMKM. Selain itu, ada teknologi anti silau yang disematkan dalam layar laptop ini akan meningkatkan kenyamanan pada mata ketika mengoperasikannya.

Hal menarik lain dari layar ExpertBook P1440FA adalah adanya lapisan matte pada layar tersebut. Tambahan lapisan matte akan memberikan efek berupa warna, kontras dan ketajaman layar yang akan meningkat dan tampak lebih jernih bahkan ketika digunakan di luar ruangan.

Performa CPU ASUS ExpertBook P1440FA

Tentu saja, CPU menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli unit laptop baru. Sebagai salah satu laptop bisnis terbaik, ExpertBook P1440FA tentu hadir dengan CPU yang istimewa.

Secara umum, ExpertBook P1440FA tersedia dengan dua variasi CPU, yaitu Intel Core i3 8145U dan Intel Core i5 8265U. ExpertBook P1440FA dengan prosesor Core i3 masih menggunakan HDD untuk memory internal, sedangkan produk dengan prosesor Core i5 sudah menggunakan SSD.

Nah, untuk Kanca IT yang ingin memiliki ExpertBook P1440FA dengan performa terbaik, tentu unit dengan prosesor Core i5 menjadi pilihan yang tepat. Hal ini sangat beralasan karena prosesor yang digunakan memiliki kecepatan hingga 3.90 GHz. Dengan kecepatan ini, Kanca IT bisa menggunakan ExpertBook P1440FA untuk mengolah beragam data sekaligus secara baik.

Tidak hanya itu, penggunaan SSD juga menjadi salah satu pertimbangan yang penting. Dengan penggunaan SSD, maka booting ExpertBook P1440FA pun menjadi semakin cepat dan performa laptop secara keseluruhan akan semakin stabil.

Performa Grafis ASUS ExpertBook P1440FA

Jika Kanca IT mencari produk laptop dengan performa grafis kelas wahid, bisa dikatakan ExpertBook P1440FA bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, ExpertBook P1440FA tidak memiliki discrete graphics card.

Pengolah grafis yang digunakan dalam unit ini menggunakan pengolah grafis yang sudah terintegrasi dengan prosesor yang digunakan, yakni Intel UHD Graphics 620.

Sayangnya, grafis yang terintegrasi tersebut memberikan sedikit keterbatasan. Namun, secara umum, performa grafis ExpertBook P1440FA cukup baik dan cocok untuk penggunaan bisnis UMKM.

Baca Juga: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop

SSD dan RAM ASUS ExpertBook P1440FA

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ExpertBook P1440FA dengan prosesor Core i5 sudah hadir dengan SSD sebagai memory internal. Unit SSD yang digunakan adalah SSD Western Digital dengan kapasitas 256 GB.

Penempatan SSD pada unit laptop bisnis terbaik ini sangat bagus karena memudahkan untuk upgrade. Jika kapasitas SSD tersebut dirasa kurang, Kanca IT bisa dengan mudah melepas SSD tersebut.

Di sebelah SSD, terdapat slot untuk menambah RAM. ExpertBook P1440FA sendiri memiliki RAM 4 GB untuk spesifikasi asal. Kapasitas RAM tersebut tentu sudah cukup besar terutama jika unit laptop hanya digunakan untuk keperluan office saja.

Namun, apabila dirasa kurang, penambahan RAM juga bisa dilakukan dengan sangat mudah, yakni dengan memanfaatkan slot yang tersedia.

Dalam pengujian yang dilakukan, meskipun dengan RAM 4 GB, ExpertBook P1440FA sudah bisa diandalkan untuk aktivitas multitasking. Performa laptop cenderung stabil dan tidak mudah lag. Hal ini disinyalir merupakan efek dari penggunaan SSD.

Artinya, hasil yang berbeda bisa saja muncul jika Kanca IT menggunakan versi ExpertBook P1440FA yang masih menggunakan HDD.

Baterai ASUS ExpertBook P1440FA

Sektor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih laptop bisnis adalah baterai. Pasalnya, spesifikasi baterai akan berpengaruh pada bagaimana pengoperasian laptop tersebut.

Dalam hal ini, ExpertBook P1440FA hadir dengan baterai 4-cell 44Wh. Ini adalah baterai yang bisa dikatakan memiliki daya tahan yang cukup lama. Dalam penggunaan standard, baterai tersebut bisa digunakan dan bertahan hingga 3,5 jam non-stop.

Hanya saja, ketahanan baterai bisa berbeda tergantung penggunaan ExpertBook P1440FA tersebut. Jika Kanca IT membuka banyak aplikasi atau mengakses internet dengan unit laptop tersebut, bisa jadi durasi ketahanan baterai akan berkurang.

Kesimpulan

Dari bahasan di atas, bisa dikatakan bahwa ExpertBook P1440FA merupakan salah satu rekomendasi laptop bisnis terbaik yang bisa dipilih, terutama untuk para pelaku UMKM. Fitur dan spesifikasi yang ditawarkan secara kasat mata bisa diandalkan untuk menunjang kebutuhan bisnis.

Selain itu, ada beberapa alasan kenapa ExpertBook P1440FA cocok untuk dijadikan pilihan sebagai laptop bisnis terbaik di tahun 2022 ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bobot ExpertBook P1440FA yang tidak terlalu berat
  • Sudah memiliki sertifikasi MIL-STD 810G
  • Performa yang kencang untuk menunjang produktivitas
  • Adanya SSD 256 GB yang digunakan
  • Memiliki sensor sidik jari dan teknologi TPM
  • Layar anti silau
  • Engsel lay-flat hingga 180 derajat

Dengan beragam kelebihan di atas, tentu ExpertBook P1440FA akan memberikan kesan yang sangat menarik. Di mana Asus tidak hanya mengunggulkan desain yang elegan dan classy saja, namun juga performa super tangguh.

Untuk Kanca IT yang tertarik dengan ExpertBook P1440FA varian Intel Core i5, harga yang ditawarkan di pasaran adalah sekitar 10 jutaan. Sementara untuk varian prosesor Intel Core i3 bisa Kanca IT dapatkan dengan harga sekitar 8 jutaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.