Apa Itu IoT dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Apa-Itu-IoT-dan-Contohnya-dalam-Kehidupan-Sehari-Hari

Apa Itu IoT dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari – Dalam kehidupan sehari-hari di era modern seperti saat ini, tentu Anda sudah sangat familiar dengan IoT atau Internet of Things.

Meski sudah banyak yang menggunakan produk atau layanan dengan IoT, namun masih banyak yang belum paham ap aitu internet of things.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini definisi dari apa itu IoT dan contohnya.

Apa Itu IoT?

Internet of things atau yang lebih sering disebut IoT merupakan alat elektronik, benda, mesin ataupun sensor yang terkoneksi dengan internet. Berikut penuturan beberapa tokoh yang menjelaskan Apa itu internet of things

Menurut Fawzi Behmann dan Kwok Wu dalam bukunya yang berjudul Collaborative Internet of Things (c-IoT): for Future Smart Connected Life and Business, definisi internet of things adalah sebuah istilah yang dimaksudkan dalam penggunaan internet, komputasi yang bersifat mobile dan konektivitas kemudian menggabungkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Cara kerja dari internet of things sendiri sebenarnya cukup sederhana. Di mana setiap device IoT akan dilengkapi dengan fungsi tertentu, seperti sensor yang dapat membaca suatu kondisi tertentu.

Contohnya, sensor suhu yang bekerja mengukur suhu kemudian data dikirim ke server melalui internet, sehingga data-data yang didapat tersebut bisa tersimpan serta dianalisa sebagai bahan pengambilan keputusan.

Adanya internet of things tentu membawa dampak positif maupun negatif bagi kehidupan sehari-hari.

Ya, tak bisa dimungkiri jika IoT juga memiliki sejumlah kekurangan seperti masalah keamanan yang kurang terjamin, ketergantungan dengan internet, dan beberapa kekurangan lain.

Meski begitu, kekurangan tersebut bisa ditutup dengan kelebihan dari IoT, seperti:

  1. Mengurangi cost
  2. Business portunities
  3. Efficiency dan productivity
  4. Meningkatkan customer experience, dan masih banyak lainnya.

Contoh Penggunaan IoT di Berbagai Bidang

Penerapan IoT bisa dikatakan sudah cukup merata. Bahkan, hampir semua peralatan masa kini telah dilengkapi dengan teknologi IoT.

Nah, berikut ini beberapa contoh penerapan IoT dalam berbagai bidang.

  1. Kesehatan

Ada banyak peralatan medis yang mulai menggunakan teknologi IoT untuk pengaturannya, sebut saja mesin elektronik deteksi detak jantung.

Peralatan olahraga dengan embel-embel pintar juga menjadi bukti penerapan IoT pada bidang kesehatan sudah sangat nyata.

  1. Finance dan Finansial Service

Bidang keuangan juga menjadi sektor yang cukup up to date untuk urusan teknologi. Contohnya pembayaran tagihan secara digital.

Selain itu, pihak perbankan juga mulai fokus pada pelayanan transaksi digital dengan memanfaatkan aplikasi mobile.

  1. Rumah Tangga

Seperti yang sudah disinggung di atas, banyak diantara Anda yang mungkin sangat familiar dengan IoT dalam kehidupan sehari-harinya.

Hal ini sejalan dengan semakin banyaknya penerapan IoT pada perabot rumah tangga, seperti kulkas pintar, smart TV, smart garage door dan masih banyak lainnya.

  1. Pertanian

Contoh penerapan IoT lain yaitu pada bidang pertanian. Ya, siapa sangka jika saat ini ada begitu banyak alat pertanian yang dibekali dengan IoT.

Beberapa contoh penerapan IoT di atas hanya segelintir saja. Di mana penerapan IoT sebenarnya sudah jauh lebih luas dan kompleks.

Telkom Hadir dengan End to End IoT

Selain beberapa bidang di atas, penerapan IoT dalam bidang teknologi dan jaringan juga sudah sangat pesat. Sebut saja perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom.

Perusahaan berlogo merah ini telah menyediakan solusi end to end IoT baik dalam untuk device, infrastruktur, platform IoT Antares, jaringan Lorawan dan lain sebagainya.

Dengan end to end IoT, Telkomsel menjanjikan keamanan data yang lebih terjamin bagi penggunanya.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *