Cara Memperbaiki Whatsapp Yang Tidak Bisa Dibuka Di Tahun 2023

Fandi Fabriyan

Pengenalan

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer saat ini. Pengguna dapat menggunakannya untuk berkirim pesan teks dan media, panggilan video dan suara, dan berbagi lokasi. Meskipun mudah digunakan, WhatsApp seringkali mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling sering ditemui adalah ketika aplikasi tidak bisa dibuka. Jika Anda mengalami masalah seperti itu, Anda beruntung telah berada di artikel ini. Di sini, kami akan menjelaskan cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka di tahun 2023.

Mengapa WhatsApp Tidak Bisa Dibuka?

Ada banyak alasan mengapa WhatsApp Anda mungkin tidak bisa dibuka. Beberapa alasan paling umum adalah:

  • Kesalahan dalam memperbarui aplikasi
  • Kesalahan dalam menginstal aplikasi
  • Kesalahan dalam memperbarui sistem operasi
  • Kesalahan dalam penggunaan aplikasi

Untuk memahami sepenuhnya mengapa WhatsApp Anda mungkin tidak bisa dibuka, Anda harus mengetahui apa yang terjadi setelah Anda membuka aplikasi. Jika sebuah jendela kosong muncul, itu berarti bahwa aplikasi tidak dapat memuat data dari server. Jika Anda melihat pesan kesalahan, itu berarti bahwa terjadi kesalahan dalam proses pemuatan.

Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

Pembersihan Cache

Cache adalah berkas sementara yang dibuat oleh aplikasi untuk menyimpan data yang biasa digunakan. Jika cache tersumbat dengan data yang tidak relevan, aplikasi dapat gagal memuat data. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus membersihkan cache aplikasi. Berikut adalah cara melakukannya dengan Android:

  1. Buka Pengaturan aplikasi
  2. Pilih Aplikasi
  3. Pilih WhatsApp
  4. Pilih Penyimpanan
  5. Pilih Bersihkan Cache

Uninstall dan Reinstall

Jika pembersihan cache tidak berhasil, Anda mungkin harus menginstal ulang aplikasi. Berikut adalah cara melakukannya dengan Android:

  1. Buka Pengaturan aplikasi
  2. Pilih Aplikasi
  3. Pilih WhatsApp
  4. Pilih Uninstall
  5. Download dan instal WhatsApp dari Google Play Store

Perbarui Sistem Operasi

Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi, Anda mungkin harus memperbarui sistem operasi. Perbarui sistem operasi Anda dengan cara berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Perangkat
  3. Pilih Perbarui Sistem Operasi
  4. Pilih Perbarui

Restart Perangkat

Jika Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin harus me-restart perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol daya
  2. Pilih Restart

Kesimpulan

Demikianlah cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa dibuka di tahun 2023. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin harus menghubungi dukungan teknis WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar