6 Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Fandi Fabriyan

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca – Semua orang pasti akan merasa kesal, ketika SD Card nya tidak bisa terbaca. Jika SD Card tidak terbaca, jangan langsung diganti atau dibuang. Coba 6 cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca dengan mudah di bawah ini. Berikut caranya:

Restart atau Mulai Ulang Gadget

Cara yang pertama ialah restart atau memulai ulang HP. Kartu SD bisa saja tidak terbaca, karena ada masalah pada sistem HP. Sistem HP biasanya akan sedikit berubah ketika pengguna mematikannya dalam waktu yang lama, atau mengisi daya semalaman.

Tidak perlu khawatir, karena ini hanya masalah kecil. Jadi untuk mengatasinya, pengguna cukup memulai ulang HP. Jika masih belum terbaca, coba Restart hingga SD Card terbaca. Apabila masih belum terbaca, pengguna bisa mencoba cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca berikutnya.

Masukkan SD Card ke HP Lain

Cara yang kedua adalah dengan memasukkan SD Card ke HP lain. Untuk memeriksa apakah SD Card benar-benar rusak, coba masukkan SD Card ke HP lain. Jika SD Card bisa terbaca di HP lain, itu artinya yang rusak ialah slot memori pengguna.

Segera perbaiki slot memori HP, supaya SD Card bisa kembali terbaca. Jika tidak diperbaiki, maka SD Card merk apapun tidak akan terbaca di HP pengguna.

Bersihkan SD Card

Cara berikutnya ialah membersihkan SD Card. Salah satu penyebab SD Card tidak terbaca dikarenakan ada kotoran yang menempel di SD Card, mungkin debu atau minyak. Jadi cara memperbaiki SD yang tidak terbaca tersebut adalah dengan membersihkannya.

Pengguna bisa membersihkan SD Card menggunakan kain kering yang lembut. Tidak cuma itu, pengguna juga bisa menggunakan penghapus putih yang bersih. Bersihkan pada bagian lempeng emasnya secara perlahan. Jika sudah, coba masukkan kembali SD Card ke slot memori.

Periksa Melalui Laptop

Jika ketiga cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca diatas masih belum bisa, coba cara yang satu ini. Periksa SD Card melalui Laptop atau komputer, dengan menggunakan kabel data. Ganti mode dari Media Transfer, menjadi mode Mass Storage.

Setelah itu masuk ke menu Explorer komputer, dan klik kanan di drive SD Card. Buka menu Properti, lalu masuk ke menu Alat. Selanjutnya tekan opsi Error Checking, dan tunggu prosesnya selesai. Eject HP, lalu coba periksa apakah SD Card sudah bisa terbaca.

Disable SD Card

Cara yang kelima ialah menonaktifkan atau Disable SD Card. Jadi SD Card dimatikan sementara, setelah itu dihidupkan kembali. Untuk melakukan cara ini, pengguna harus menggunakan Laptop atau komputer. Pertama sambungkan HP ke komputer, lalu buka menu Device Manager.

Klik kanan di menu USB Mass Storage Device, lalu tekan opsi Disable. Berikutnya klik kanan di menu yang sama, lalu tekan opsi Enable. Masukkan kembali SD Card ke slot memori HP, dan periksa apakah SD Card sudah bisa terbaca.

Format SD Card

Cara yang terakhir adalah memformat SD Card. Jika seluruh cara memperbaiki SD Card tidak terbaca diatas tidak ada yang ampuh, maka pengguna terpaksa memformatnya. Tindakan ini akan membuat seluruh data di SD Card pengguna terhapus. Jadi pengguna harus memikirkan secara matang.

Tujuan dari format SD Card ialah membuat SD Card menjadi seperti baru, tanpa ada data ataupun virus yang merusak. Jika pengguna sudah yakin, maka segera format SD Card supaya bisa digunakan secara normal kembali.

Itulah 6 cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca, dengan mudah dan simpel. Pengguna bisa menggunakan seluruh cara diatas, supaya SD Card bisa kembali terbaca. Dijamin, salah satu cara diatas akan membuat SD Card menjadi normal lagi.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tags

Tinggalkan komentar