Belajar Codeigniter: Persiapan dan Instalasi

  • 2 min read
  • Sep 24, 2020

Belajar membuat website memanglah mengasyikkan bagi beberapa orang. Pada umumnya website dibuat menggunakan 3 metode, apakah Native, Framework ataupun CMS (Content Management System). Native disini artinya suatu website yang dibuat dari nol hingga menjadi website/aplikasi yang siap pakai. Biasanya para web developer menggunakan metode native ini jikalau ingin membuat fungsi-fungsi khusus pada website yang ingin dibuat.

Perbedaan CMS dan Framework

Saat ini, pembuatan website native mulai terbantu dengan adanya framework. Framework adalah sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk memudahkan pembuatan website. Namun untuk menguasai sebuah framework Kanca IT harus dapat menyesuaikan dengan lingkungan framework yang digunakan terutama dalam penulisan kode. Beda halnya dengan CMS yang saat ini memang menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang belum memiliki skill coding. Dengan CMS, sebuah website dapat dengan mudah dibuat hanya dengan drag&drop.

Contoh CMS dan Framework

Berikut ini beberapa CMS yang populer di dunia antara lain:

  1. WordPress
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Prestashop
  5. OpenCart
  6. dsb

Namun, penggunaan CMS tidaklah tepat jika Kanca IT ingin membuat aplikasi berbasis website. Contoh jika Kanca IT ingin membuat Sistem Informasi Perpustakaan menggunakan bahasa pemrograman PHP dimana didalamnya ada sistem peminjaman dan pengembalian, maka penggunaan framework akan lebih tepat karena dapat mengatasi sistem tersebut. Beberapa framework PHP di bawah ini mungkin bisa jadi referensi, diantaranya:

  1. Codeigniter
  2. Laravel
  3. Yii
  4. dsb

 

ci png

Codeigniter menjadi salah satu framework yang cukup banyak digunakan web developer di dunia untuk membangun sebuah aplikasi berbasis website. Oleh karena itu, yuk belajar codeigniter mulai dari persiapan dan instalasi.

Untuk mulai belajar codeigniter, silahkan Kanca IT install xampp, install text editor (dalam hal ini vscode), dan instal codeigniter. Untuk xampp, silahkan Kanca IT dapat lihat di postingan Install XAMPP. Sedangkan vscode, silahkan baca tentang Install Visual Studio Code.

Install Codeigniter

Codeigniter adalah Framework PHP yang dapat didownload secara gratis di situs codeiginiter.com. Framework Codeigniter saat ini sudah sampai di versi 4. Namun dalam hal ini, Kanca IT akan menggunakan Codeigniter versi 3 terlebih dahulu.

1. Buka situs codeigniter.com

 

belajar codeigniter - 1 (1)

2. Klik menu Download lalu klik tombol Download untuk Codeigniter 3

 

belajar codeigniter - 2 (1)

3. Tunggu sampai file codeigniter 3 berhasil di download . Ukuran file sekitar 2,6 MB.

4. Jika sudah selesai download, pindahkan file tersebut (bcit-ci-CodeIgniter-3.1.11-0-gb73eb19.zip) di dalam folder htdocs.

 

belajar codeigniter - 3 (1)

5. Ekstrak file tersebut (bisa gunakan WinRAR, jika belum ada silahkan download di https://www.win-rar.com/ ). Caranya, klik kanan pada file lalu pilih “Extract to….”

 

belajar codeigniter - 4 (1)

6. Jika berhasil, maka akan muncul folder baru di folder htdocs

 

belajar codeigniter - 5 (1)

7. Buka folder tersebut, ubahlah nama folder di dalam folder tsb misalkan menjadi belajar3b

 

 

belajar codeigniter - 6 (1)

belajar codeigniter - 7 (1)

8. Lalu pindahkan folder belajar3b ke dalam folder htdocs

belajar codeigniter - 8 (1)

belajar codeigniter - 10 (1)

belajar codeigniter - 9 (1)

 

9. Hapus folder yang sudah tidak terpakai di htdocs

belajar codeigniter - 11 (1)

10. Jika sudah, jalankan XAMPP untuk modul Apache dan MySQL nya.

belajar codeigniter - 12 (1)

11. Lalu buka browser (Dalam hal ini kita menggunakan Google Chrome) dan ketikkan localhost/belajar3b, maka halaman default dari framework codeigniter akan tampil:

belajar codeigniter - 13 (1)

Untuk lebih lengkapnya simak video berikut:

Selamat Mencoba dan semoga berhasil..

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *