Belajar Android Studio Bagi Pemula

Belajar Android Studio Bagi Pemula

Belajar Android Studio Bagi Pemula – Saat ini, Android menjadi sistem operasi mobile dengan jumlah pengguna terbesar. Bahkan, persentase pengguna Android di dunia mencapai 90%.

Hal ini mendorong para developer aplikasi mobile untuk membuat apk versi Android demi bisa lebih dekat dengan penggunanya. Bahkan, kini banyak perusahaan kecil atau para developer pemula yang mulai fokus belajar Android studio.

Nah, kabar baiknya, kini belajar Android Studio bukan lagi perkara yang sulit. Kanca IT bisa dengan mudahnya menemukan kursus online yang menyediakan materi tentang Android Studio.

Materi yang diberikan pada kelas ini juga cenderung lengkap, dan pastinya cocok bagi para pemula yang baru masuk ke dalam dunia Android Studio.

Belajar Android Studio Melalui Kelas Online

Nah, bagi Kanca IT yang masih awam dalam dunia coding dan ingin belajar Android Studio, tentu perlu memilih tempat kursus terbaik agar ilmu yang didapatkan pun maksimal. Dengan begitu, hanya berbekal kursus non-formal, Kanca IT sudah bisa membuat aplikasi Android.

Berikut ini beberapa tips memilih kelas online untuk belajar tentang Android Studio.

  1. Metode Pembelajaran

Nah, karena Kanca IT tengah mencari kelas online, maka metode pembelajaran harus tepat, sehingga materi yang dibagikan benar-benar bisa terserap secara maksimal.

Salah satu metode pembelajaran online yang sering digunakan pada kelas online yaitu seft paced learning. Metode ini cenderung lebih fleksibel dan memudahkan peserta kursus.

Untuk jam belajarnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun idealnya, waktu belajar tidak sekitar 10 jam per minggu. Meski cenderung pendek, namun di sini Kanca IT bisa mendapatkan materi secara mendalam dan memanfaatkan siswa waktu untuk praktik.

  1. Fasilitas Pengajaran

Selain metode, fasilitas pengajaran juga sangat penting untuk diperhatikan. Semakin lengkap dan berkualitas fasilitas yang tersedia, maka proses belajar-mengajar akan lebih maksimal.

Untuk kelas online, beberapa fasilitas yang umum dijumpai adalah materi bacaan elektronik, forum diskusi, evaluasi pembelajaran dan pastinya sertifikat kompetensi.

  1. Biaya dan Durasi Kursus

Untuk mendapatkan kelas online terbaik, harga termurah bukanlah patokan utama. Namun, Kanca IT perlu memilih kelas online yang menetapkan harga sesuai dengan durasi kursus.

Tentu semakin panjang durasi kursus yang diberikan, biaya yang dibebankan juga akan lebih besar. Meski begitu, Kanca IT bakal diuntungkan dengan pendalaman materi yang lebih maksimal.

  1. Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Kanca IT tentu sudah tahu, jika saat ini ada begitu banyak bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Sebut saja Kotlin, bahasa pemrograman yang diklaim bisa ditulis dalam beberapa baris kode tanpa menggunakan tiktik koma ini merupakan bahasa pemrograman dasar yang harus dikuasai sebelum mempelajari materi lain secara lebih mendalam.

Belajar Kotlin merupakan tahap awal yang harus diikuti Kanca IT sebelum mempelajari Bahasa pemrograman lain.

Tahapan Belajat Android Studio

Secara umum, silabus yang akan dilalui Kanca IT ketika mengikuti kursus online adalah sebagai berikut:

  • Pengenalan Android Studio, cara install serta pengenalan fitur dan komponen yang ada di dalamnya.
  • Pembuatan aplikasi, mulai dari rancangan desain, menulis logika dasar hingga penggunaan saveinstanceState guna menjaga data.
  • Mendalami beragam Intent, seperti explicit intent dan implicit intent.
  • View dan viewgroup, yakni part yang akan membahas tentang bagaimana cara mendesain aplikasi dengan beragam layout.
  • Style and Theme, yakni materi tentang tips membuat desain aplikasi secara cepat dengan memanfaatkan Style and Theme.
  • RecyclerView, membahas tentang komponen yang kerap digunakan.

Runtutan di atas adalah gambaran secara umum, jadi besar kemungkinan setiap tempat kursus online menetapkan silabus yang berbeda.

Memilih Tempat Kursus Belajar Android Studio

Banyaknya pilihan tempat kursus belajar Android Studio justru menjadi kekurangan tersendiri. Sebab, mau tidak mau Kanca IT harus lebih jeli dalam menentukan tempat kursus terbaik.

Semua poin penting di atas perlu diperhatikan dengan baik. Tapi kembali lagi, pastikan Kanca IT memilih tempat kursus dan belajar Kotlin yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari materi pembelajaran, metode hingga biaya yang dibebankan pada peserta kursus.

Nah, sebagai referensi, Kanca IT bisa memilih taufiksi.com sebagai tempatnya belajar Android Studio bagi pemula.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *