Apa Itu SEO?

  • 4 min read
  • Agu 28, 2020
apa-itu-seo

Bagi yang menggeluti dunia digital marketing, dan sejenisnya pasti familiar dengan SEO. Namun dikalangan masyarakat awam, pasti banyak yang belum paham. Secara sederhana, Search Engine Optimization (SEO) adalah tindakan optimasi mesin penelusuran, dengan tujuan menaikkan ranking website sehingga muncul di halaman pertama search engine, seperti Google.

Meskipun begitu, secara lebih spesifik, sebenarnya konsep SEO ini jauh lebih kompleks. Karena menerapkan SEO bukan pekerjaan mudah yang bisa diselesaikan dalam sekali jalan. Optimasi harus terus dilakukan supaya website atau blog bisa terus nongkrong pada posisi teratas mesin pencarian. Simak artikel mengenai Apa Itu SEO berikut

1. Pengertian SEO

SEO merupakan sebuah usaha untuk mengoptimalkan website agar menempati peringkat teratas pada hasil pencarian. Apabila website Kanca IT berhasil menduduki rating pertama di search engine, maka potensi trafik organik juga akan meningkat. Di samping itu, SEO juga akan membantu Kanca IT untuk mendapatkan trafik yang tepat sesuai dengan target.

Jadi, bukan semata-mata fokus pada trafik tinggi saja, namun juga tingkat ketepatan sasaran lebih terukur. Sehingga bisa berjalan sesuai tujuan website dibuat. Untuk mendapatkan kedua hasil tersebut, maka Kanca IT harus menaati peraturan yang sudah ditetapkan mesin penelusuran, khususnya Google. Kanca IT perlu memahami cara kerja dan indikator utama SEO, dan algoritma Google.

2. Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mesin penelusuran menjadikan algoritma tertentu sebagai syarat dalam menentukan konten yang layak untuk menempati ranking pencarian teratas. Hal ini diberlakukan oleh semua search engine, mulai dari Google, Yahoo!, Duckduckgo, dan Bing. Tapi seperti yang mungkin sudah Kanca IT ketahui, kalau 90% besar pengguna internet di seluruh dunia menggunakan Google.

Dalam hal ini, Google selalu update algoritma guna memberikan hasil penelusuran lebih relevan serta solutif kepada pengguna. Sejak tahun 2011 hingga sekarang, setidaknya Google sudah melakukan 8 major update algoritma. Jadi, supaya website Kanca IT tidak tergeser posisinya, maka dituntut untuk terus mencari tahu mengenai update algoritma ini.

Sebagai contoh sederhana, beberapa tahun lalu penentu algoritma yang diterapkan adalah keyword stuffing. Ini adalah tindakan memasukkan keyword utama sebanyak-banyaknya  dalam sebuah artikel. Taktik ini pernah efektif dan diminati pada masanya. Namun sejak adanya pembaruan algoritma, Kanca IT harus move on, dan kalau nekad menggunakannya bisa terancam penalti.

Dalam optimasi SEO, ada beberapa hal yang perlu Kanca IT ketahui, termasuk bagaimana cara kerja, dan apa saja tugas utama yang dikerjakan oleh mesin penelusuran, diantaranya:

▷ Crawling

Proses mengumpulkan informasi dari berbagai website, dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lain.

▷ Indexing

Setelah semua informasi berhasil terkumpul, maka web crawler akan menyimpannya di entry list: index.

▷ Ranking

Menampilkan konten dalam peringkat berurutan, berdasarkan hasil pencarian paling relevan.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan Google Ads

3. Mengenal 8 Indikator Utama SEO

Setelah memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya, Kanca IT juga wajib tahu apa saja indikator yang ada dalam Search Engine Optimization. Dengan begitu, maka hasil optimasi bisa lebih maksimal. Perlu diketahui, bahwa indikator utama bisa berubah tergantung algoritma Google. Di bawah ini adalah 8 indikator SEO yang wajib diketahui :

▷ Topik Konten

Untuk membangun sebuah struktur website yang baik, maka Kanca IT harus mempunyai beberapa topik konten yang terhubung satu sama lain. Contohnya, kalau Kanca IT blog sastra, Kanca IT harus menentukan topik utama, seperti cerpen, puisi, tips menulis, dan sebagainya. Situs yang berisi konten dengan topik berkaitan akan lebih gampang dikenali search engine.

▷ Struktur URL

Usahakan untuk membuat URL dengan struktur sederhana, yang penting mengandung judul artikel, dan nama domain. Hal ini akan memudahkan mesin penelusur dalam mengenali website Kanca IT.

▷ Struktur Konten

Kanca IT sebaiknya menulis konten yang bisa dipahami oleh semua pihak, tanpa memetakan pembaca. Caranya sangat gampang, cukup gunakan heading serta subheading untuk menandai poin penting yang terdapat dalam konten. Supaya lebih menarik, bisa juga tambahkan foto, dan video.

▷ Penggunaan SSL/TLS

Sejak enam tahun silam, Google cenderung mengutamakan situs yang memakai SSL/TLS. Hal tersebut karena situs dengan SSL/TLS dapat mengenkripsi semua kegiatan transfer data di website, jadi keamanan data pengguna jauh lebih aman.

▷ Search Intent

Maksud pencarian atau search intent, adalah hasil penelusuran atas keyword tertentu berdasarkan pada maksud kebanyakan pengguna. Misalnya, ketika Kanca IT memasukkan keyword “traveling” di Google, maka pada hasil teratas akan muncul pasti membahas mengenai istilah traveling. Hal tersebut dikarenakan keyword yang kurang spesifik.

Tidak bisa dipungkiri, kalau backlink masih salah satu faktor keberhasilan optimasi SEO. Website dengan banyak backlink akan dianggap mempunyai kredibilitas tinggi oleh Google. Tapi tentunya backlink harus berasal dari situs berkualitas, bukan abal-abal.

▷ Meta Tags

Fungsi dari meta tags adalah membantu search engine dalam memahami isi konten di halaman website. Meta tags terdiri atas title tag atau judul artikel, dan meta description adalah rangkuman teks yang terdapat pada konten.

▷ Kecepatan Website

Pada tahun 2018 silam, Google menetapkan kecepatan loading website sebagai indikator utama SEO. Jadi, semakin cepat proses loading, maka semakin tinggi kemungkinan untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian Google.

4. Manfaat SEO untuk Website

SEO bukanlah opsi, melainkan satu dari beberapa hal wajib yang harus ada di setiap website. Kalau Kanca IT masih baru dalam dunia blogging, digital marketing, atau website, maka harus mengetahui beberapa manfaat SEO di bawah ini :

▷ Mempermudah Konversi Trafik Organik

Visitor website yang datang dengan cara organik akan lebih gampang dikonversi jadi leads (pelanggan). Menurut data dari SimilarWeb, trafik organik dapat dikonversi 10 kali lebih mudah, apabila dibandingkan trafik media sosial.

▷ Kredibilitas Meningkat

Lebih dari 80% konsumen belanja online akan melakukan riset via internet sebelum membeli suatu produk. Kondisi ini menuntut para pebisnis supaya mempunyai brand awareness bagus agar mudah ditemukan di dunia maya. Salah satu cara membangun kredibilitas ini adalah dengan mengoptimalkan SEO.

▷ Website Mudah Ditemukan

Apabila optimasi SEO berjalan baik, maka akan membuat website Kanca IT lebih mudah ditemukan dengan berbagai keyword. Kanca IT dapat menjangkau audiens dalam jumlah besar menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan topik utama. Jadi, website atau blog tidak melulu membahas persoalan inti saja, namun bisa dibumbui konten lain.

▷ Website Muncul di Page One

Perlu diingat, bahwa muncul di hasil penelusuran Google saja tidak bisa dianggap berhasil. Apalagi, kalau konten Kanca IT berada pada halaman kedua, ketiga, dan seterusnya. Kemungkinan mendapatkan trafik akan sangat kecil. Supaya trafiknya naik, maka website Kanca IT wajib ada di halaman pertama Google.

SEO memiliki peran sangat penting dalam keberhasilan sebuah situs internet. Setelah mengetahui apa itu SEO dan bagaimana cara optimasi yang baik, maka Kanca IT bisa menaikkan trafik organik dengan lebih mudah. Dengan begitu, maka website Kanca IT bisa muncul di Page ONE Google, dan bukan tidak mungkin menempati ranking paling atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *