Apa itu Pemrograman?

  • 2 min read
  • Agu 19, 2020
apa itu pemrograman

Kanca IT mungkin sudah banyak yang mendengar tentang pemrograman dalam dunia komputer. Tidak sedikit siswa atau mahasiswa di akhir-akhir ini yang memilih jurusan ilmu komputer. Yaitu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan teknologi impian mereka.

Apa itu Pemrograman?

Pada artikel ini, saya akan menguraikan istilah “Pemrograman” dan memahami penggunaannya dan juga istilah-istilah yang berkaitan.

Memahami Pemrograman dalam istilah awam

Pemrograman adalah cara untuk “menginstruksikan komputer untuk melakukan berbagai tugas”

Membingungkan? Mari kita pahami definisinya secara mendalam.

Instruksi komputer : Pada dasarnya komputer yang kita gunakan pastilah menggunakan sistem operasi. Sistem operasi sendiri kumpulan atau satu set instruksi yang ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Instuski sangat banyak macamnya. Sebagai contoh :

    • Menambahkan kata pada kalimat atau menambahkan angka,
    • Menjumlahkan angka, dll.

Sama seperti kita, manusia dapat mengerti beberapa bahasa ( indonesia, inggris, spanyol, jerman, dll). Begitu pula dengan komputer. Komputer bisa memahami instruksi yang ditulis dalam bentuk syntax tertentu yang disebut “bahasa pemrograman”.

Melakukan berbagai tugas : Tugas bisa sederhana seperti yang saya sebutkan diatas, bisa juga sesuatu yang kompleks, yang melibatkan beberapa instruksi sekaligus.

Syntax bahasa pemrograman digunakan untuk membangun aplikasi. Dengan demikian pemrograman membutuhkan pengetahuan tentang algoritma, logika dan metode pembacaan syntax itu sendiri.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Seperti disebutkan diatas, komputer mengerjakan apa yang diinstruksikan oleh sebuah syntax tertentu yang disebut bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah cara seorang programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. Tujuannya agar komputer bisa mengerjakan tugas seperti apa yang di inginkan/instruksikan oleh seorang programmer.

Kenapa harus Belajar Pemrograman?

Di era sekarang ini yang serba digitalisasi, hampir semua pekerjaan atau aktifitas kita sehari-hari dibantuk teknologi komputer. Dimana ada peran programmer didalamnya. Setelah mengetahui banyak tentang pemrograman, pertanyaan besar yang perlu kita jawab adalah, mengapa kita harus belajar pemrograman?

Pemrograman banyak manfaatnya

Dengan pemrograman kita bisa membuat Game, Website/blog, Portofolio, Sosial media seperti facebook. Bahkan membuat platform e-commerce seperti Amazon, Tokopedia, Bukalapak! Semua itu mempunyai manfaat, baik untuk kita sendiri maupun orang lain. Atau mungkin kanca IT membuat game yang kemudian manaruhnya di playstore dan mendapatkan uang dari sana.

Tulang punggung Perusahaan teknologi

Di era sekarang banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang membutuhkan programmer. Bahkan hampir semua saat ini membutuhkan peran seseorang yang bisa atau menguasai bahasa pemrograman. Jika kanca IT mempunyai jiwa bisnis, mungkin kanca IT bisa saja membangun perusahaan teknologi di generasi mendatang.

Di atas adalah sedikit pengenalan atau definisi pemrograman. Semoga kanca IT menikmati saat membacanya. Pemrograman adalah bidang yang sangat luas dan besar. Ada banyak sekali yang harus dipelajari lebih jauh, seperti macam-macam bahasa pemrograman, bagaimana cara membuat/menulis programa dll. Akan jadi panjang jika saya bahas pada artikel ini, lain kali akan saya bahas lebih jauh pada artikel lain.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *