Apa itu CDN?

apa-itu-cdn?

Apa Itu CDN? – Content Delivery Network atau bisa kita singkat CDN adalah platform server yang terdistribusi, dimana mampu meminimalisir delay saat memuat content dalam sebuah halaman website dengan cara mengurangi jarang antara server dengan client. CDN membantu pengguna internet diseluruh dunia dapat mengakses konten yang berkualitas tanpa waktu pemuatan konten yang lambat.

Tanpa adanya CDN , server harus mengirim sebuah kontent setiap ada permintaan dari client. Hal ini menyebabkan traffic yang tinggi. Sehingga ada kemungkinan kegagalan saat proses pemuatan konten. Beban serverpun akan menjadi semakin berat.

Dengan menggunakan CDN, server akan mendistribusikan konten ke data center terdekat dengan pengguna. Dengan begini traffic dari server jadi menurun dan mengurangi beban server, Sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Dari sisi server traffic dan resource jadi lebih rendah dan dari sisi client akses halaman website jadi lebih cepat.

Bagaimana Cara Kerja CDN?

Hampir lebih dari setengan traffic di internet dilayani oleh Content Delivery Network (CDN). Tujuan CDN adalah mengurangi latency dan delay pengiriman konten pada halaman website dengan cara mengurangi jarak fisik antara client dan server. apa-itu-cdn?

Misalnya, kanca IT ingin mengakses google yang berasal dari server yang berbsis di amerika serikat. Jika tanpa CDN maka server google harus mengirim setiap konten yang di requestoleh client atau kanca IT dari pengguna, dimana kanca IT berada di indonesia. Jika seperti itu loading website akan lama karna server google harus mengirim konten dari server AS ke indonesia. Ditambah client yang mengakses tidak hanya 1 atau 2 orang, semakin banyak yang akses makan akan terjadi latency. Untuk mengatasi hal ini, CDN menyimpan versi cache dari konten suatu website dibeberapa lokasi geografis diseluruh dunia yang dikenal sebagai “points of presence” (PoPs). PoP adalah pusat data yang berlokasi strategis, dimana bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pengguna terdekat. Fungsi utama PoP adalah mengurangi waktu pertukaran data/konten dengan cara mengirim dari konten dari server CDN terdekat. Setiap Server CDN PoP biasanya berisi Server Caching. Server Caching bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengiriman file yang di cache. Fungsi utama server caching adalah mempercepat proses pemuatan halaman web dan mengurangi konsumsi bandwith. Setiap server Caching CDN menggunakan media penyimpanan dan sumber daya RAM. Didalam server caching CDN, File yang di cache disimpan dimedia penyimpanan (HDD dan SSD) atau RAM, RAM biasnya digunakan untuk menyimpan file yang paling sering diakses. apa-itu-cdn?

Dengan adanya CDN, saat kanca IT mengakses google maka konten yang kanca IT request tidak langsung dikirim dari server yang berada di AS, melaikan dari server yang berada paling dekat dengan indonesia. pada saat kanca IT mengakses google dari ponsel maupun laptop, pada dasarnya adalah perangkat yang menjalankan browser tersebut membuat request konten yang diperlukan untuk merender halaman web seperti file HTML, Gambar, JavaScript. Sebagian besar CDN akan bekerja dengan memetakan ke server CDN yang berlokasi optimal dan server akan merespon dengan versi file yang diminta dalam cache. Jika gagal maka server CDN akan otomatis mencari file diserver CDN lain dan kemudian mengirim respon ke pengguna. Jika file diserver lain tidak tersedia atau sudah kadaluarsa, CDN akan bertindak sebagai proxy permintaan ke server utama dan menyiapkan konten yang kemudian diambil ke server CDN guna untuk melayani permintaan yang akan datang.

Mengirim konten suatu situs web bukanlah satu-satunya kasus penggunaan CDN, masih banyak jenis konten yang dapat diberikan oleh CDN. Faktanya CDN memberikan beragam pengiriman konten yang mencakup : Video dari kualitas HD hingga 4K, audio, untuhan perangkat lunak berupa aplikasi, game dan pembaruan OS, catatan data medis dan keuangan dan masih banyak lagi. Pada dasarnya data apapun yang bisa didigitalkan dapat dikirim melalui CDN.

Mengapa Menggunakan CDN?

CDN menawarkan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan suatu situs web sekaligus menurunkan latency. Oleh karena itu CDN sangat penting untuk pengiriman konten, karena sangat efisien, cepat dan aman kepada pengguna diseluruh dunia. Konten yang dimaksud disini tidak hanya sebatas konten pada website saja (HTML, gambar dan Javascript). Teetapi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, terdiri dari Video, audio, aplikasi, game dan pembaruan OS.

Karena semakin banyak bisnis yang online, seakan dunia sudah berkumpul di internet, seperti berbelanja, mengobrol, berbagi konten dan lain sebagainya, maka penyedia konten akan semakin banyak menghadapi peningkatan traffic. Disinilah CDN berperan.

Sudah lebih dari 20 tahun CDN menjadi tulang punggung internet yang tak terlihat. Menghdirkan konten untuk ritel, keuangan, perawatan, kesehatan dan bisnis lainnnya kepada pengguna internet diseluruh dunia dengan cepat sudah menjadi tugasnya. Jika kanca IT sering melakuakn aktifitas di internet, secara tidak langsung kanca IT sudah memperoleh manfaat dari CDN entah kanca IT mengetahuinya atau tidak.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *